Pengertian Data Flow Diagram (DFD) dan Defenisi Flowchart Menurut Para Ahli

Flowchart adalah penyajian yang sistematis tentang proses dan logika dari kegiatan penanganan informasi atau penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian. System flowchart adalah urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan data. Program flowchart adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program PEDOMAN-PEDOMAN DALAM MEMBUAT FLOWCHART Jika seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti :
1. Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
2. Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
3. Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
4. Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja, misalkan Melakukan penggandaan diri
5. Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
6. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
7. Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.



-  Pengertian Data Flow Diagram (DFD)
Menurut Tavrid D.Mahyuzir (2003), DFD adalah menggambarkan sistem secara logika. Gambaran ini tidak tergantung pada perangkat keras, perangkat lunak, struktur data atau organisasi file.
Menurut Jogiyanto HM (2001 : 23), Data Flow Diagram (DFD) sering digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data. Adapun simbol – simbol data  flow  diagram adalah sebagai berikut :



- Simbol Simbol Data Flow Diagram (DFD)
  1.  Kesatuan luar (External  Entity) Merupakan kesatuan luar (Entity) dilingkungan luar sistem yang dapat berupa sekelompok orang, organisasi, atau sistem lainnya yang berada dilingkungan luarnya yang akan memberikan input atau menerima output dari sistem. Suatu kesatuan luar dapat disimbolkan dengan suatu notasi kotak atau segi empat.
  2.  Proses (Process) Adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk dalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses atau untuk mengubah input menjadi output.
  3.  Data Flow (aliran data), Data mengalir melalui sistem, dimulai dengan sebagian input dan diubah atau diproses menjadi output. Arus data (data flow) diberi simbol dengan suatu garis penuh.
  4.  Data Storage (penyimpan data), Data disimpan untuk keperluan berikutnya. Simpanan data di DFD disimbolkan dengan sepasang garis horizontal paralel yang tertutup di salah satu ujung.



 Defenisi Flowchart
Menurut Budi Sutedjo & Michael AN (2000, hal 24) menyatakan flowchart adalah diagram alir data yang menggambarkan urutan logika dari suatu procedure pemecahan masalah. Penjelasan arti dari lambang lambang flowchart dapat didefenisikan seperti gambar berikut:
Tabel 2.2 Simbol Simbol FlowChart

  1.  Terminal untuk memulai dan mengakhiri suatu program.
  2.  Proses, suatu simbol yang menunjukkan setiap pengolahan data yang dilakukan oleh komputer.
  3.  Input – Output, untuk memasukkan data atau menunjukkan hasil dari suatu proses.
  4.  Decicion, suatu kondisi yang akan menghasilkan Jawaban yang bernilai True dan False.
  5.  Prefinded Proses, suatu simbol untuk menyediakan tempat pengolahan data dalam storage.
  6.  Conector, suatu prosedur akan masuk atau keluar melalui symbol ini dalam lembar yang sama.
  7.  Off-line conector, merupakan simbol masuk atau keluarnya suatu prosedur pada lembar kertas yang lain.
  8.  Arus flow, dari pada prosedur yang dapat dilakukan dari atas kebawah, dari bawah keatas, dari kiri kekanan dan dari kanan kekiri.
  9.  Document, merupakan simbol untuk data yang berbentuk kertas maupun untuk  informasi.
     

Comments
4 Comments

4 komentar:

Anonim mengatakan...

mana lambang lambang nya...???
tolong dibuat ya...

Anonim mengatakan...

mas monanya ni.... boleh gak....
sebenarnya dalam flowchar bisa gak ada dua kondisi dan dua proses....

Anonim mengatakan...

apa fungsi flowcart menurut anda...???

Anonim mengatakan...

mana gambar nya???

Posting Komentar

Apabila ada Pertanyaan maka silakan tanggalkan komentar anda..
hal-hal yang melanggar hukum menjadi tanggung jawab komentator.