Tutorial singkat Mengakses database MySQL Server 5.5 secara remote dari komputer clien


 Sebelum masuk ke tahapan ini penulis menganggap bahwa pembaca telah paham konsep LAN, komputer Client  mencoba untuk mengakses database MySQL tersebut (melalui aplikasi VB.NET) via Remot.

  1. Pastikan Komputer Clien telah terhubung dengan server sebagaimana mestinya konsep LAN(OS server dan clien Windows7)
  2. Patikan MySQL 5.5 terinstall di  SERVER  dan anda telah membuat database sebagaimana mestinya yang diminta MySQL 5.5  (Penulis bersumsi  bahwa pembaca telah memahami MySQL 5,5) 


  1. Pastikan coding untuk mengkoneksikan vb net dengan database  telah dibuat sebagaimana mestinya  ketika membangun program (penulis berasumsi bahwa pembaca telah memahami coding untuk mengkoneksikan databse dengan vb net apabila belum silahkan cek isi blog ini)
  2. Ketika computer clien mencoba mengakses database yang ada pada server biasanya akan muncul pesan  “Unable to connect to any of the specified MySQL hosts” artinya untuk kira kira komputer clien belum memiliki hak untuk mengakses database (MySQL server). maka diperlukan sebuah tindakan sebagai solusi.
  3. agar database bisa diakses oleh komputer lain(remote access) maka kita harus memberikan hak kepada MySQL untuk bisa melayani akses database dari clien.
Pada computer server :
Control Panel > Windows Firewall > Allow a program or feature … > Change Setting > Allow Another program … >Browse

catatannurat.blogspot.comPilih mysqld.exe yang berlokasi default di C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.5\bin lalu centang semua cekbox – nya (tergantung dimana anda mengistal nya) perhatikan gambar di bawah ini:
Lalu ahiri dengan ok.

Silahkan  Tes koneksi.

 Apabila masih terdapat error dengan pesan berikut:  “Access denied for user  ’user1′@’compname’ (using password: YES)
padahal kita telah menambah nama user dengan nama user1, maka bisa jadi user1 belum diberi akses. Maka kita harus memberikan akses kepada user1 dengan cara memberikan hak akses yang bisa kita lakukan melalui MySQL Command  Line Client
mysql > GRANT ALL ON *.* to user1@’%' IDENTIFIED BY ‘user1-password’;
mysql > FLUSH PRIVILEGES;
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Apabila ada Pertanyaan maka silakan tanggalkan komentar anda..
hal-hal yang melanggar hukum menjadi tanggung jawab komentator.