Pengertian Data,Pengolahan Data,Database,Inventori dan Tujuan Pengolahan Data Menurut Para Ahli


- Pengertian Sistem Inventori
Inventori meliputi semua barang yang dimiliki perusahaan pada saat tertentu,  dengan tujuan untuk dijual kembali atau dikomsumsikan dalam siklus operasi   normal perusahaan sebagai barang yang dimiliki untuk dijual atau diasumsikan untuk dimasa yang akan datang, semua barang yang berwujud dapat disebut sebagai inventori , tergantung dari sifat dan jenis usaha perusahaan.
Menurut Koher,Eric L.A. Inventory adalah : " Bahan baku dan penolong, barang  jadi dan barang dalam proses produksi, dan barang -barang yang tersedia, yang  dimiliki,
dalam perjalanan, dalam tempat penyimpanan atau konsinyasikan kepada pihak lain pada akhir periode".
Secara umum pengertian Inventory adalah merupakan suatu aset yang ada dalam  bentuk barang -barang yang dimiliki, untuk dijual, dalam operasi perusahaan, maupun barang-barang yang sedang di dalam proses pembuatan.

-Data
Menurut Drs. Jhon J. Langkutoy, (1986 : 4), Data adalah  suatu  istilah majemuk dari kata datum yang artinya fakta yang mengandung arti yang berhubungan dengan kata-kata, angka-angka, huruf-huruf atau symbol-simbol yang menunjukkan suatu ide, objek, kondisi atau situasi dan lain -lain.
Menurut Tri Amderiyanto, (1992 : 1), data adalah suatu keterangan, catatan atau simbol yang akan diolah komputer menjadi gambaran informasi yang dibutuhkan.


- Pengertian Database
Database berasal dari kata “data’’ dan “base’’. Data adalah segala jenis informasi dari objek tertentu untuk diproses  lebih lanjut sehingga menjadi suatu bentuk informasi yang baik dan sesuai dengan yang diinginkan. Base adalah suatu landasan atau dasar dan merupakan sistem dari data itu sendiri. Database adalah kumpulan data yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya.
Menurut Kok Yung bahwa database adalah Kumpulan data yang terdiri dari kesatuan tabel yang terintegrasi satu sama lain, dimana setiap pemakai ( user ) diberi wewenang (otoritas ) untuk dapat mengakses ( mengubah, menghapus, menganalisa, menambah dan memperbaiki ) data tabel – tabel tersebut ( Membangun Database dengan Visual Basic 6.0 dan Perintah SQL, PT.Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta, 2000:2).
Jadi disimpulkan Database adalah Kumpulan file yang saling terkait satu sama lain. Dimana file adalah Kumpulan dari record yang saling terkait dan memiliki format field yang sama dan sejenis, record adalah kumpulan.

- Tujuan Pengolahan Data
Adapun tujuan pengolahan data adalah untuk untuk menganalisa suatu  output yang segera dapat dipergunakan. Hasil dari pengolahan data atau output tersebut biasanya disebut sebagai informasi atau sebagai dasar pengambilan keputusan. Penggunaan peralatan yang terbatas  adalah hanya sekedar membantu, Tujuan pengolahan data yang telah dilakukan penulis adalah untuk mempermudah proses pendataan barang barang yang sedang digunakan  maupun  tidak  digunakan  atau tersimpan digudang secara cepat dan akurat.


-Metode Pengolahan Data
Metode yang digunakan dalam melakukan pengolahan data mengunakan dua metode yakni:
a.   Manual
Dalam pengolahan data dengan cara menggunakan metode manual prosesnya sangat lambat serta memakan waktu yang lama, kemudian data yang telah diproses tidak biasa diubah kembali atau di edit ulang.
b.  Komputerisasi
Dalam pengolahan data dengan cara menggunakan metode komputerisasi membantu segala macam pekerjaan dengan cepat dan akurat serta bisa diubah kembali atau di edit ulang.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Apabila ada Pertanyaan maka silakan tanggalkan komentar anda..
hal-hal yang melanggar hukum menjadi tanggung jawab komentator.